Jumat, 20 November 2015

Cara membuat bros cantik dari kulit jagung

1 komentar :
Siapa yang bisa mengira kalau ternyata kulit jagung bisa disulap menjadi berbagai produk kreatif yang unik dan menarik. Bahkan ada bros yang dibuat dengan bahan utama menggunakan kulit jagung. Menarik sekali bukan? Seperti yang kita ketahui kulit jagung sangat mudah sekali kita temui bahkan sering kali banyak yang dibuang begitu saja oleh petani jagung. Wajar saja hal tersebut terjadi karena mungkin sebagian besar dari mereka tidak mengetahui bagaimana cara memanfaatkan kulit jagung tersebut untuk diubah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Bros kulit jagung pun juga dapat dibuat dengan beraneka ragam warna mulai dari warna cerah hingga gelap sekalipun. Selain warna, bentuk pun juga bisa dibuat beraneka ragam tergantung kreativitas si pembuat, bisa bentuk yang menyerupai bunga atau hewan-hewan. Ide kreatif pembuatan berbagai kerajinan tangan dari kulit jagung seperti ini akan sangat baik kalau terus dikembangkan sehingga dapat mengurangi limbah kulit jagung yang terbuang sia-sia.

cara membuat bros cantik

Berbagai alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat kerajinan tangan dari kulit jagung adaah :
- Kulit Jagung
- Gunting
- Pewarna / Wantex
- Lem
- Peniti bros

Berikut cara membuat bunga dari kulit jagung :
- Pilih kulit jagung yang sudah dianggap cukup umur yaitu sekitar 3 bulan
- Pilah-pilah dan pisahkan daun jagung satu persatu. Pada lembar jagung bagian pertama hingga ketiga harap dipisahkan terlebih dahulu, Karena lembaran daun tersebut merupakan bagian yang memiliki kualitas terbaik.
- Setelah kulit jagung dipisah-pisahkan langkah selanjutnya adalah merebus kulit jagung tersebut dengan pewarna atau wantek. Untuk waktu perebusan kulit jagung tersebut kisaran satu jam. Pada saat perebusan jangan lupa untuk membolak-balik supaya warna tercampur rata. Karena tingkat perwarnaan yang baik juga akan sangat mempengaruhi nilai barang yang akan diproduksi.
- Langkah selanjutnya silahkan tiriskan kulit jagung yang telah direbus namun jangan dijemur dibawah terik matahari karena hal tersebut dapat membuat kulit jagung gampang pecah.
- Setelah kulit jagung ditiriskan dan telah kering langkah selanjutnya adalah menyetrika kulit tersebut dengan suhu sedang.
- Lapiskan dua kulit jagung sebelum dipola, hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam membuat pola dan tidak mudah robek.
- Setelah kulit jagung dilapiskan silahkan membuat pola seperti apa yang anda inginkan.
- Kulit jagung yang selesai dipola kemudian diserut membentuk lengkung-lengkung sesuai dengan yang diinginkan.
- Langkah terakhir yaitu merangkai bahan-bahan yang sudah disiapkan disesuaikan dengan produk yang akan dibuat. Apabila anda ingin membutat bros maka rangkai kulit jagung menyerupai bentuk bunga, hewan atau apapun yang anda inginkan ketelah terbentuk tinggal menempelkan peniti. Pada tahap ini bros sudah siap dipakai ataupun dipasarkan apabila anda ingin menjual produk yang anda buat tersebut.

cara membuat bros cantik



cara membuat bros cantik


cara membuat bros cantik

cara membuat bros cantik





1 komentar :