Jumat, 20 November 2015

Cara membuat tas dari kain perca

Tidak ada komentar :
Bagi sebagian orang mungkin menganggap kain perca merupakan limbah atau hanya sedikit yang bisa diambil manfaatnya dari kain perca, misalkan dijadikan sebagai lap maupun alat pel saja. Namun sebenarnya potensi dibalk kain perca ternyata sangat luar biasa. Kain perca bisa dikembangkan menjadi produk-produk yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Mungkin bagi orang biasa yang belum melihat potensi dari kain perca hal tersebut akan mustahil, namun ditangan para orang-orang kreatif ternyata kain perca bisa disulap menjadi produk-produk yang unik yang memiliki nilai jual lebih di pasaran.
Kali ini kami akan memberikan contoh pemanfaatan kain perca menjadi sebuah produk berupa tas sehingga bisa memberikan nilai tambah lebih dan tanpa orang sadari bahwa bahan dari tas yang dibuat berasal dari kain perca ataupun kain bekas. Untuk pembuatan tas berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan :
- Kain bekas secukupnya minimal 1x1 meter
- Kain kapas secukupnya
- Benang
- Jarum pentul
- Sisa kain dengan warna lain atau bisa diganti kain flanel, dll
- besi penyambung tas / tidak pakai juga tidak apa
- reseleting

Setelah semua bahan terkumpul, berikut langkah-langkah untuk membuat tas dari kain perca atau kain bekas. Namun anda tidak harus sama persis meniru langkah-langkah yang kami buat, anda dapat memodifikasi sekreatif mungkin sesuai dengan selera anda masing-masing.

Langkah Pertama
Buat desain tas sesuai dengan selera anda. Apabila anda kebingungan dalam membuat desain tas anda dapat mencari referensi desain dari majalah, internet atau dari tas yang anda miliki.

Langkah Kedua
Gunting kain dengan bentuk sesuai dengan desain yang anda buat tadi, Jangan lupa gunting juga kain kapas dan bentuk disamakan dengan kain luaran tas.
cara membuat tas dari kain perca

Langkah Ketiga
Satukan kain luaran dengan kain kapas untuk bagian dalamnya sehingga dapat membuat kesan tas menjadi lebih kaku. Untuk kain bagian dalam anda dapat menggunakan kain khusus yang biasa digunakan bungkus souvenir atau kain kapas yang tebal yang terlebih dahulu distrika dengan kain luaran untuk menyatukannya.
cara membuat tas dari kain perca
Langkah Keempat
Hias tas dengan kain perca dengan warna atau motif lain atau dengan kain flanel atau bisa juga kain bekas yang memiliki motif lain atau warna yang lebih mencolok. Potong kain terebut menjadi bentuk bunga, hewan atau bentuk lain yang unik sesuai sesuai dengan selera anda. Pasangkan kain tersebut ke bagian depan atau belakang sesuai dengan kreasi. Anda juga dapat menjahit kain tersebut dengan warna benang yang sesuai dengan warna kain yang anda gunakan.
cara membuat tas dari kain perca


Kelima
Berikan tambahan kain dengan warna yang berbeda atau sesuai selera. Dibentuk dengan menyerupai list dibagian atas.
cara membuat tas dari kain perca
Keenam
Satukan kain depan dan belakang. Jangan lupa kain persegi panjang dipasang dibagian semping untuk membuat ruang pada tas.
cara membuat tas dari kain perca

Ketujuh
Apabila anda mempunyai kain bekas dalaman jas maka akan sangat bagus apabila ditambahkan dalam tes, karena dapat dijadikan sebagai tempat pensil, bolpoint maupun handphone dan lain-lain. Jenis kain ini juga dapat melindungi tas saat terkena air, meski tidak sepenuhnya kering.
cara membuat tas dari kain perca

Kedelapan
Sampai tahap ini tas sudah hamper selesai dibuat, pasangkan besi dan kaitkan besi dengan penyambung tali tas.
Berikut hasil tas yang dibuat dari kain perca dan kain bekas. Setelah menjadi produk tas seperti ini tentu nilai ekonomi barang ini akan jauh lebih tinggi dan orang yang melihat pun tidak akan menyadari tas tersebut hanya terbuat dari potongan kain perca atau kain bekas pakaian yang dikreasikan.
Berikut sharing dari kami tentang bagaimana memanfaatkan kain perca atau kain bekas untuk dijadikan produk yang lebih bermanfaat. Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda sekalian.


cara membuat tas dari kain perca



cara membuat tas dari kain perca

cara membuat tas dari kain perca


Tidak ada komentar :

Posting Komentar