Minggu, 29 November 2015

Kerajinan tangan dari kain flanel

Tidak ada komentar :
Kerajinan tangan dari kain flanel mungkin bukan lagi merupakan hal baru bagi sebagian orang. Namun saya kira tidak ada salahnya saya berbagi tips cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel karena saya yakin beberapa orang masih ada yang belum tau tentang kerajinan tangan dari kain flanel. Kain flanel sendiri merupakan kain yang menyerupai kain wol. Mungkin sudah banyak disekitar kita tangan-tangan kreatif yang memanfaatkan kain flanel untuk membuat berbagai kerajinan tangan. Alasan kenapa kain flanel sering digunakan untuk bahan karya seni karena tipe bahannya yang mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam kerajinan.
Tekstur menyerupai kain wol yang sedikit kaku membuat kain flanel mudah dibuat menjadi bermacam-macam kerajinan tangan. Selain tekstur, kain flanel juga memiliki variasi warna yang beraneka ragam sehingga juga sangat memungkinkan untuk dipadukan dengan bahan lain. Karena teralalu fleksible mungkin anda malah menjadi bingung mau membuat kerajinan seperti apa. Untuk itu kami akan meberikan kumpulan contoh kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar kain flanel yang unik.
Membuat gantungan kunci dari kain flanel
Untuk membuat kerajinan tangan berupa gantungan kunci dari kain flanel tidak lah sulit. Anda tinggal membuat pola bentuk gantungan kunci yang ingin anda buat. Entah itu berupa hewan, bunga dan lain sebagainya. Setelah pola dibuat lalu potong dengan menggunakan gunting sesuai pola yang telah dibuat tadi.
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat gantungan kunci pun tidak sulit ditemukan. Bahan-bahan tersebut adalah :
- Kain flanel
- Kapas / dakron untuk isi gantungan kunci
- Gunting 
- Jarum jahit
- Pola kerajinan yang akan dibuat
- Gunting lem
kerajinan tangan dari kain flanel


Berikut akan kami rangkumkan bagaimana langkah-langkah membuat gantungan kunci dari kain flanel.
- Buat pola dari bentuk gantungan kunci yang ingin anda buat entah berbentuk hewan, tumbuhan dan lain sebagainya.
- Gunting kain flanel sesuai dengan pola yang telah dibuat cara memotongnya adalah dengan menempelkan pola ke kain flanel kemudian gunting kain flanel mengikuti pola yang dibuat.
- Pasang aksesoris tambahan seperti mata dan mulut untuk memperindah bentuk gantungan kunci. Untuk memasang aksesoris tambahan anda bisa menggunakan lem yang mudah kering, namun untuk aksesoris tertentu anda bisa menggunakan benang jahitan agar terliat lebih rapi.
kerajinan tangan dari kain flanel


- Langkah selanjutnya adalah menyatukan bagian belakang dan bagian depan gantungan kunci dengan menggunakan tusuk festoon. Jangan lupa sisakan sedikit ruang untuk mempermudah memasukan kapas / dakron. Setelah diisi dengan dakron silahkan jahit kembali dengan rapi dan rapat agar isian tidak dapat keluar.
kerajinan tangan dari kain flanel

- Langkah selanjutnya adalah memasang gantungan dibagian atas kain flanel
- Anda juga dapat menambah sedikit hiasan untuk mempercantik gantungan kunci
Selain membuat gantungan katak anda juga dapat membuat gantungan kuci berupa bunga atau lain sebagainya. Berikut merupakan contoh gantungan kunci yang berbentuk bunga yang dibuat dari kain flanel.
kerajinan tangan dari kain flanel


Demikian sedikit tips membuat kerajinan tangan dari kain flanel. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi anda yang sedang ingin membuat kerajinan tangan. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca :).

Tidak ada komentar :

Posting Komentar