Minggu, 29 November 2015

Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas

1 komentar :
Sampah yang terbuang dan bertumpuk-tumpuk setiap hari terus bertambah, entah itu sampah dengan ukuran kecil maupun besar ataupun jenis yang organik maupun non organik yang sulit terurai. Apabila sampah-sampah non organik dibiarkan begitu saja tanpa ada proses daur ulang maka bisa dibayangkan setiap hari akan semakin bertumpuk-tumpuk sampah yang akan mengakibatkan berbagai dampak negative lainnya. Solusi untuk mengurangi tumpukan-tumpukan sampah tersebut adalah dengan mendaur ulang sampah-sampah menjadi barang yang lebih berguna dan memiliki nilai lebih sehingga dapat digunakan kembali.

Salah satu sampah yang dapat didaur ulang adalah berbagai macam botol. Apabila kita mau berkreasi lebih maka berbagai macam botolpun dapat kita sulap menjadi sebuah produk yang lebih berguna sehingga dapat kita gunakan kembali. Namun pada kenyataannya botol-botol yang selesai kita pakai kita buang begitu saja. Botol plastik misalnya, hampir ketika membeli produk di supermarket entah itu pembersih, minuman, pewangi dan lain-lain  banyak produk tersebut yang dikemas dengan menggunakan botol plastik, dan setelah kita habis menggunakan kita buang begitu saja botol plastic tesebut, padahal seperti yang kita ketahui plastik sangat sulit diurai oleh alam.

Membuat kerajinan tangan dari botol bekas
Botol bekas sangat meungkin sekali anda manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan yang unik dan kreatif. Dengan sedikit kreatifitas anda dapat mendaur ulang botol plastik menjadi produk dengan berbagai jenis dan fungsi. Banyak sekali jenis-jenis sampah dari botol seperti botol bekas minuman bersoda, botol bekas pembersih lantai bahkan botol-botol yang terbuat dari kaca. Dengan memanfaatkan botol bekas tersebut tentu saja secara tidak langsung kita turut membantu mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah.
1. Tempat untuk mengisi batre ponsel

Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas

Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas


Botol bekas oli dan botol bekas karbol toilet yang biasa kita buang begitu saja, tanpa kita sadari ternyata dapat disulap menjadi tempat untuk memudahkan kita ketika sedang mencharge handphone. Maka dari itu apabaila anda memiliki botol-botol bekas tersebut, jangan terburu-buru untuk membuangnya. Karena anda bisa menyulap botol bekas tersebut menjadi tempat cas handphone yang simple namun sangat bermanfaat dan caranyapun sangat mudah hanya tinggal menggunting-gunting saja tanpa peru tambahan bahan-bahan lain.
2. Boneka lucu bekas pewangi pakaian
Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas


Apabila anda butuh tambahan hiasan untuk menghias ruangan anda atau apabila anak anda butuh mainan maka anda tidak perlu lagi bingung-bingung mencarinya. Cukup gunakan botol bekas oli, botol bekas obat kumur, botol bekas pewangi pakaian yang ada di rumah anda. Dari botol-botol tersebut anda tidak perlu lagi membelikan anak-anak anda mainan yang mahal bahkan anda dapat mengajarkan anak-anak anda untuk membuatnya sendiri sehingga dapat memancing kreatifitas anak anda. Anak-anak dapat anda bantu untuk membuat boneka dengan kerakter yang impian mereka sendiri. Pengalaman seperti ini belum tentu diajarkan di sekolah formal maka dari itu ini merupakan salah satu pembelajaran yang harus anda ajarkan sebagai orang tua. 

3. Pot tanaman dari botol plastik
Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas


Untuk mempercantik halaman rumah, anda dapat memilih cara ini. Yaitu dengan membuat pot bunga dari botol bekas yang ada dirumah anda. Untuk mendapatkan penampilan yang cantik dan unik tentu saja anda harus memodifikasi botol tersebut terlebih dahulu. Untuk membantu memodifikasi botol menjadi vas bunga yang unik dan menarik anda memerlukan bahan berupa kaset CD serta cat semprot untuk memperindah tampilan. Untuk membuatnya pun sangat mudah sekali namun hasil yang akan anda dapatkan saya jamin akan sangat memuaskan.
Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas


4. Bungkus kado yang unik
Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas

Ketika anda ingin memberikan sebuah kado untuk teman anda selain memikirkan kado apa yang pas untuk teman anda akan lebih baik anda juga memikirkan bagaimana kemasan untuk membungkus kado tersebut. Untuk seorang teman sepesial tentunya anda juga butuh pembungkus kado yang sepesial juga. Untuk menemukan bungkus kado yang special anda dapat membuat sendiri dari botol bekas. Untuk membuatnya anda hanya perlu sedikit memoles botol bekas tersebut. Hanya membutuhkan sedikit bahan tambahan seperti pita untuk mempercantik tampilan bungkus kado. Dan hasilnya sungguh luar biasa, bisa jadi teman yang anda kasih kado tidak menyadari kalau bungkus yang anda gunakan untuk membungkus kado anda terbuat dari botol bekas.

Sekian cerita tentang bagaimana cara membuat kerajian tangan dari botol plastik. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi anda para pembaca. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca :)

1 komentar :